Cara Mencegah Perut Kembung Setelah Makan

Setelah makan, perut Anda mungkin terasa iritasi. Biasanya kembung bukan situasi serius dan Anda bisa menghindarinya. Beberapa perubahan pola makan dapat membantu Anda mencegah kembung setelah makan.

Cara mencegah kembung setelah makan

Perut kembung biasanya disertai mual, muntah, dan sendawa, yang disebabkan oleh produksi gas yang berlebihan, yang membuat Anda tidak nyaman.

Perut kembung dapat disebabkan oleh banyak hal seperti pilihan makanan atau minuman yang buruk atau pola makan yang tidak sehat. Selain itu, kembung juga bisa menjadi gejala penyakit tertentu.

Namun, perut kembung umumnya dapat dicegah dengan mengubah pola makan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda mencegah kembung setelah makan.

1. Kurangi asupan makanan berserat tinggi

Meskipun serat memiliki banyak manfaat seperti mengendalikan kadar gula darah dan dapat menahan rasa lapar, nutrisi ini mungkin tidak sepenuhnya dicerna.

Jadi, jika Anda makan makanan yang tinggi serat, tubuh Anda akan menghasilkan gas berlebih. Ini membuat perut terasa sesak dan penuh.

Makanan berserat tinggi termasuk kacang tanah, gandum, beras merah, bayam, brokoli, apel, dan jeruk.

Sebuah laporan studi yang diet rendah serat dapat membantu mencegah kembung pada orang yang mengalami sembelit idiopatik (tidak diketahui penyebabnya).

2. Hindari makanan berlemak tinggi

Lemak perlahan akan mencerna tubuh Anda karena membutuhkan lebih banyak waktu untuk makanan pencernaan, dan itu bisa membuat perut Anda hangat. Pada beberapa orang, ini dapat menyebabkan kembung.

Jika Anda mengalami hal ini, menghindari makanan berlemak tinggi dapat membantu mencegah kembung setelah makan.

Membatasi asupan makanan yang digoreng dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda.

3. Makan perlahan

Makan cepat menyebabkan sistem pencernaan mencerna enzim tertentu kurang optimal, sehingga perut harus mencerna lebih sulit.

Selain itu, makan cepat juga dapat meningkatkan jumlah udara yang dikonsumsi, yang dapat menyebabkan produksi gas yang berlebihan di saluran pencernaan.

4. Hindari karbonat

Minuman berkarbonasi bisa menjadi penyebab utama kembung. Ketika Anda minum ini, gas karbon dioksida tumbuh di saluran pencernaan dan menyebabkan kembung. Juga, jika Anda meminumnya dengan cepat.

5. Hindari permen karet

Polong kunyit membuat Anda minum lebih banyak udara. Udara bisa menumpuk di saluran pencernaan dan menyebabkan kembung pada beberapa orang.

6. Olahraga ringan setelah makan

bagaimana untuk menikmati diri sendiri benar Anda sehat.Ing beberapa orang, melakukan latihan ringan setelah makan, seperti berjalan, dapat membantu mengurangi perjamuan makan setelah makan.

Satu studi menemukan bahwa latihan fisik ringan membantu mengeluarkan gas dari saluran pencernaan dan mengurangi kembung.

Baca Juga :